JOGJA – LOMBOK – BALI – SOLO – JOGJA (PART 1)

Setelah melalui sekian banyak mood booster, mencoba mengalahkan sekian banyak excuse, mengganti ide tulisan, here it is my very first post ever. Sebenarnya bukan tulisan ini yang awalnya mau dijadikan postingan pertama, tapi karna satu dua hal pertimbangan yang rumit dan menguras energi (makanya aku makan banyak) akhirnya memutuskan untuk memposting tulisan ini sebagai postingan pertama. Ya daripada ditunda-tunda terus yekan.


“When you're young you have time and energy but no money. When you get older you have money and energy but no time. And later when you finally have time and money, you no longer have energy.”
-Annette Gulick-

Setelah kerja baru benar-benar paham maksud quote diatas.  Sejak jaman kuliah emang udah doyan banget yang namanya dolan, tapi ya itu tadi, dana terbatas. Terus sekarang udah kerja, sumber dana “lumayan” ada (iya pakai kata lumayan, soalnya baru sanggup buat jalan-jalan yang dekat-dekat aja, itupun harus direncanakan jauh-jauh hari), tapi waktunya susah. Paling kalopun ada waktu ya pas Libur Nasional. Kebayang kan kalo pas hari Libur Nasional ramainya tempat wisata gimana, ya mau gimana lagi, dinikmatin dulu aja. Semoga nanti pas udah “matang” masih punya tenaga buat jalan-jalan. Atau kalo bisa jalan-jalan sambil kerja enak juga ya, hmm.

Back to topic, trip kali ini sebenarnya agak diluar rencana, bukan tanpa rencana. Ini udah di-planning dari awal tahun. Awalnya mau 28 April – 01 Mei 2017, tapi manusia hanya merencanakan keputusannya tetap pada yang diatas (eaa), eksekusinya malah 1 minggu lebih awal. Tiket pesawat dan hotel yang udah dipesan jauh-jauh hari akhirnya di-reschedule. Dan yang paling gak enak, hotel yang udah di-booking full booked untuk 1 minggu sebelumnya, mau gak mau harus ganti hotel.

Awalnya udah booking hotel Fame Hotel Sunset dengan harga Rp 1.063.180 untuk 2 malam dan 2 kamar, sudah include breakfast dan baca di Tra*eloka reviewnya juga lumayan bagus. Pucuk di cinta namun ternyata ulam belum tiba. Akhirnya putar haluan ke Hotel Niche. Hotel Niche ini lokasinya agak tersembunyi kalo baru pertama kali kesana. Kemarin sampai 5 kali muter buat nemu tempatnya (soalnya jalannya searah dan macet).

Aku berangkat ke Lombok dari Jogja naik pesawat L*on yang direct jam 17.40 daaan pesawatnya delay, yaah udah biasa sih dan yaudahlah ya mau gimana lagi namanya juga tiket kelas ekonomi dan promo, nyampai di Bandara Lombok langsung ke Loket Bus Damri buat beli tiket yang tujuan Mataram (Lokasi Loket tempat pembelian ada di stand kecil sebelum pintu keluar, nanti biasanya ada Bapak2 yang nawarin). 




Karna ini udah perjalanan ketiga ke LIA jadi gak terlalu deg-degan dan lancar. Lama perjalanan dari LIA ke Pool Damri Mataram sekitar 30-45 menit dan harga tiketnya Rp 25.000. Bus ini biasanya ada di parkiran persis di depan pintu keluar terminal bandara. Aku saranin kalau dari LIA mau ke Mataram dan gak ada yang jemput mending naik Damri daripada naik Taksi, selain karna busnya yang nyaman rasanya lebih aman aja karna rame-rame. Lain hal kalo misalnya nyampai siang.

Sampai di Pool Damri yang di Mataram untung udah ada yang jemput. Kalau misalnya kesini sendiri dan baru pertama kali gak usah cemas nanti di depan Pool Damri Mataram banyak Taksi yang nongkrong kok. Berhubung karna perut udah kerucukan akhirnya mampir beli martabak terang bulan dan ke indomaret beli persediaan buat di Fery. Iya di Fery. Kan mau naik Fery dari Lombok ke Bali. Pasti pada mikir kok kurang kerjaan banget naik pesawat ke Lombok terus dari Lombok ke Bali naik Fery. I have my own reason. Jadi ceritanya pengen ngerasain sensasi touring Lombok-Bali, udah lama gak dolan motoran sejak jaman kuliah. Rindu. Dari Pool Damri Mataram ke Pelabuhan Lembar sekitar 20 menitan, jalanannya minim penerangan, kalau boleh usahakan untuk iringan sama kendaraan lain.

Nyampai di Pelabuhan Lembar, kesan pertama hmm ya seperti pelabuhan pada umumnya. Harga tiket nyebrang dari Pelabuhan Lembar-Lombok ke Pelabuhan Padangbai-Bali (termasuk 2 orang penumpang) Rp 112.000,- dan ditempuh sekitar 4-5 jam. Fery berangkat pukul 00.30 nyampai di Padangbai sebenarnya pukul 4.30, tapi nunggu urutan buat berlabuh agak lama, jadinya baru bisa berlabuh jam 5 an subuh. (Jadi yang ngantri nunggu giliran itu bukan cuma pas beli Martabak Terang Bulan, tapi nunggu berlabuh juga. Apalagi nunggu urutan berlabuh di hatimu, gak tau kapan, eaaaaaa).

Mau ngasih saran lagi, kalau emang gak lagi buru-buru mending nunggu Fery yang ukuran besar. Kemarin aku dapat jadwal Fery yang kecil, alhasil pas masuk ke ruang tunggu penumpang di dalam Fery, kursi dan kabin untuk tempat tidur penumpang sudah penuh semua. (Kabin disini maksudnya ruangan kecil yang disekat cukup buat tidur 1 orang untuk 1 kabin, sekatnya pun cuma setengah). Awalnya nyoba duduk di atas rak panjang yang menyerupai lemari (tidak untuk ditiru ya adik-adik), tapi berhubung karna gak nyaman ujung-ujungnya nyari tempat yang lebih nyaman dan berujung lesehan di belakang kursi-kursi dengan beralaskan kardus bekas. Iya kerdus bekas, yang dibeli dari kantin Fery (Harganya 5000 dan masnya sampai bingung pas aku bilang “mas mau beli kerdus dong”).

Ruangan Untuk Penumpang

Kalau biasanya orang-orang beralaskan koran, kemarin itu beralaskan kerdus, posisi tidur gak nyaman banget dan DINGIIN!! But I never regret this trip, the whole journey was just amaze me. Salah satu yang bikin gak menyesal ya pemandangan seperti ini yang menyambut kedatangan kita di Pelabuhan Padang Bay.
Sunrise di Pelabuhan Padang Bay

It’s so beautiful, right? Sebagai penikmat Sunrise dan Sunset (dan langit malam yang penuh bintang) aku langsung ngerasa seneng banget disambut kayak gini. Ah, Welcome to Bali!
Ternyata nyampai di Denpasar masih sekitar jam 7 pagi, padahal check-in Hotel jam 14.00. Dalam hati “matek, mau kemana lagi ini, badan udah pegel semua”. Dan berujung di Mcd hahahaha, as always ya kemana-mana kalo kepagian atau kemaleman numpangnya di Mcd. Pasti diantara kalian juga banyak kan yang diselamatkan Mcd?

Jam 10.00 udah mulai bosen banget dan akhirnya nyoba ke hotel. Alhamdulilah ternyata dibolehin early checkin sekitar jam 12.00. Mungkin ini mas-mas resepsionisnya kasian lihat muka udah kucel banget. Finally, kasuuuuur. Enak banget rasanya bisa ngelurusin badan dan tidur bentar di kasur. (Ngomong-ngomong soal lokasi The Niche Hotel ini ada di gang Jalan Legian dan Jalan Legian itu kalau pas lagi weekend ramenya puoool, jalannya searah, banyak motor dan mobil, udah gitu banyak motor yang parkir di sayap kiri jalan. Kalau pengen nyari ketenangan mending cari penginapan di tempat yang lain aja).

Berhubung karna perut udah keroncongan, mau gak mau harus ninggalin kasur dan langsung menuju salah satu wish list kuliner di Bali, Sate Babi Bawah Pohon (non halal).


Sate Babi + Lontong

Ini satenya simple tapi rasanya pas, enak. Nanti kapan2 kalau ke Bali dan bingung nyari tempat makan, pengen mampir kesana lagi.

Sekitar 14.45 berangkat ke Uluwatu mau nonton The Famous Kecak Dance. Saran kalau ke Uluwatu pas liburan long weekend, sebisa mungkin hindari titik-titik yang sering macet, soalnya itu kemarin ada yang benar-benar gak bergerak kendaraannya. Caranya? Ya lihat di Google Maps, kalau merah-merah berarti macet (wkwk anak SD juga tau kali, maap-maap kurang membantu). Nyampai di Uluwatu ternyata matahari lagi bahagia banget, panas banget coy, udah gitu topi ketinggalan di hotel yang berujung beli. 

Aku rasa-rasanya jatuh cinta ketika melihat si langit biru dan si laut biru bersisian dengan mesranya, ditambah dengan cerahnya senyuman sang Baskara. Bersyukur. Senang. Walaupun tujuan utama ke Uluwatu mau lihat Tari Kecak, tapi dikasih ginian rasanya ah sudahlah. (Tapi, adanya tapinya lagi nih. Kemarin pas lagi nungguin aku ke Toliet, kacamatanya M*k*i diambil monyet dari kepalanya. Hahahahahahaaa. Terus dia jadinya uring-uringan. Ini lucu sih, sampai sekarang kalau diingetin tentang itu, dia masih suka kesel). 

Oya kemarin itu aku beli tiket Kecak Dance online. Kalau misalnya takut kehabisan tiketnya mending beli online di nomor 0812 3612 4950. Jadi nanti pas mau masuk ke lokasi Tari Kecak-nya gak usah antri buat beli tiket lagi, ada antrian tersendiri khusus cetak tiket yang notabene lebih pendek dari antrian tiket normal. Tinggal nunjukin tiket yang dikirimin via Whatsapp buat dicetakin. Pertunjukan Tari Kecak dimulai 17.45 apa 18.00 ya, tapi jam 17.20 panggungnya udah rame banget.

Tari Kecak

Tari Kecak ini sekitar 1 jam. Satu hal yang mengganggu pikiran sampai sekarang, lokasi Tari Kecak ini pernah hujan gak ya? Hmm.
Dan hari ini pun ditutup dengan makan malam di Babi Guling Chandra (babi lagi babi lagi, ngok).
Babi Guling Chandra
Ini juga enaaaaak banget!

(Bersambung..)







Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

GILI NANGGU - SI “IDOLA BARU”

TUJUH BELAS JAM DI NEGERI UPIN IPIN